Mengenai Saya

Foto saya
Pangkalan Balai, Palembang, Indonesia

Desa Siaga Durian Daun

Senin, 10 Januari 2011


Memasuki tahun 2011 masih banyak permasalahan dan tantangan kesehatan, untuk itu diperlukan kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan tujuan Negara. Tantangan yang dihadapi, yaitu: Kesenjangan status kesehatan antar daerah, antar tingkatan sosial-ekonomi, antar kawasan, serta disparitas antara perkotaan dan pedesaan masih tinggi; Masih rendahnya status kesehatan penduduk miskin; Adanya beban ganda penyakit; Tidak meratanya kualitas, kuantitas dan keterjangkauan pelayanan kesehatan; Perilaku masyarakat yang belum mendukung; Pembiayaan kesehatan yang belum memadai;  Kuantitas, kualitas, distribusi serta pendayagunaan SDM Kesehatan; serta permasalahan kesehatan lainnya.
Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih dalam sambutannya saat menghadiri Perayaan Natal Tahun 2010 karyawan dan karyawati Kementerian Kesehatan, Jum’at, 17 Desember 2010, di Jakarta.

Perayaan Natal tahun ini, mengangkat tema “Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia”. Semoga melalui “terang” tersebut, dapat menerangi saudara-saudara kita yang sedang diselimuti kabut gelap, terutama saudara kita di Wasior, Kepulauan Mentawai, Yogyakarta, dan Jawa Tengah, ungkap Menkes

Banyak upaya dilakukan dalam mengatasi permasalahan kesehatan tersebut, diantaranya: Peningkatan kesehatan ibu, bayi dan balita; Perbaikan status gizi masyarakat; Pengendalian penyakit menular serta penyakit tidak menular, diikuti penyehatan lingkungan; Pengembangan sumberdaya manusia kesehatan; Peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, pemerataan, keamanan, mutu dan penggunaan obat serta pengawasan obat dan makanan; Pengembangan sistem jaminan pembiayaan kesehatan; Pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana dan krisis kesehatan dan Peningkatan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier, jelas Menkes.

Menkes mengungkapkan bulan Desember tahun 2010 ini terjadi beberapa peristiwa besar. Umat Muslim merayakan Tahun Baru Hijriyah pada (7/12), Umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan (8/12). Rangkaian hari-hari besar tersebut mengajak kita dalam kebersamaan yang diharapkan dapat dijadikan momentum untuk lebih mempererat lagi semangat kerukunan, persaudaraan, solidaritas, dan kemitraan di antara umat manusia.

Menkes mengajak segenap umat Kristiani untuk semakin menghayati sekaligus menerapkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai universal kemanusiaan, khususnya dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan.

Dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN) telah ditetapkan Dasar Pembangunan Kesehatan, yaitu Perikemanusiaan; Pemberdayaan dan Kemandirian; Adil dan Merata; serta Pengutamaan dan Manfaat. Pelayanan kesehatan masyarakat harus berdasarkan pada dasar-dasar tersebut, dengan kata lain tidak boleh membeda-bedakan satu dengan lainnya, kata Menkes

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-52907416-9, faks : 021 - 52921669, Call Center : 021-500567, 30413700, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.idinfo@depkes.go.idkontak@depkes.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar